Skip to main content

8 KEUTAMAAN MENGHAFAL DAN MEMBACA SURAT AL-KAHFI

 
Ada banyak keutamaan surat Al-Kahfi yang bisa kita dapatkan dengan membacanya. Keutamaan-keutamaan surat Al-Kahfi sendiri telah disebutkan dalam Al-Qur'an. Keutamaan surat Al-Kahfi bisa kita dapatkan dengan mengamalkannya pada hari-hari tertentu, misalnya di hari Jumat.

Keutamaan surat Al-Kahfi telah disebutkan dalam hadits riwayat Tirmidzi, berikut:
خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ
Artinya: "Sebaik-baik hari yang disinari matahari adalah hari Jumat. Pada hari itu, Nabi Adam a.s. diciptakan, pada hari itu ia dimasukkan ke surga, dan pada hari itu pula ia dikeluarkan darinya. Tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat," (HR. Tirmidzi).

Hadits riwayat Tirmidzi di atas menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW. telah menganjurkan umatnya untuk membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat. Membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat berarti telah melaksanakan salah satu sunnah Rasulullah SAW, dan dapat membuat kita mendapatkan keutamaan surat Al-Kahfi.

Membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat dianjurkan karena pada hari Jumat Nabi Adam A.S. diciptakan dan dimasukkan ke dalam surga. Selain itu, membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat juga dianjurkan karena pada hari Jumat Kiamat akan terjadi.
Surat Al-Kahfi merupakan surat ke-18 dalam Al-Qur'an yang memiliki banyak keutamaan bagi siapa saja yang membaca dan mengamalkannya. Surat Al-Kahfi terdiri dari 110 ayat yang termasuk ke dalam golongan surat Makkiyah karena surat ini diturunkan di kota Makkah.

    Berikut ini adalah 8 keutamaan membaca surat Al-Kahfi.

1. Membaca surat Al-Kahfi dapat membuat kita terhindar dari godaan syaitan
Keutamaan surat Al-Kahfi yang pertama adalah dapat membuat kita terhindar dari godaan syaitan yang terkutuk sepanjang hari. Untuk mendapatkan keutamaan surat Al-Kahfi ini, kita dapat membacanya di hari Jumat ataupun pada malam Jumat. Keutamaan surat Al-Kahfi yang pertama ini telah disebutkan dalam hadits berikut.

Dari Abdullah bin Mughaffal, Rasulullah bersabda,
"Sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Kahfi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut. Dengan demikian, bacalah surah Al-Kahfi agar terhindar dari gangguan setan yang terkutuk," (HR. Ibnu Mardawaih).

2. Membaca surat Al-Kahfi dapat membuat kita meninggal dalam keadaan syahid
Keutamaan surat Al-Kahfi selanjutnya adalah dapat membuat kita meninggal dalam keadaan syahid. Al Imam Baqir menyebutkan bahwa keutamaan surat Al-Kahfi ini bisa didapatkan dengan membaca surat Al-Kahfi di setiap malam Jumat. Keutamaan surat Al-Kahfi selanjutnya, yaitu dapat membuat siapa pun yang membacanya akan meninggal dalam keadaan syahid dan kita akan dibangkitkan bersama golongan syuhada.

3. Membaca surat Al-Kahfi dapat membuat kita terhindar dari fitnah dajjal
Keutamaan surat Al-Kahfi yang paling populer di kalangan umat Muslim adalah dapat membuat kita terhindar dari fitnah dajal. Diketahui, membaca sepuluh ayat pertama dan terakhir dalam surat Al-Kahfi dapat membuat kita terlindungi dari jahatnya fitnah dajal.
Berikut ini adalah hadits berisikan penjelasan mengenai anjuran membaca sepuluh ayat pertama dan sepuluh ayat terakhir agar terhindar dari fitnah dajal.
مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ
Artinya: "Barang siapa membaca sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah dajal," (HR. Ibnu Hibban).

4. Membaca surat Al-Kahfi dapat membuat dosa di antara dua Jumat diampuni
Keutamaan surat Al-Kahfi berikutnya adalah bisa membuat kita mendapatkan ampunan dari Allah SWT. atas dosa-dosa yang telah kita perbuat di antara Jumat. Keutamaan membaca surat Al-Kahfi ini disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Bakar bin Mardawaih yang berbunyi sebagai berikut.
Abdullah bin Umar RA berkata, Rasulullah SAW bersabda,
عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، سَطَعَ لَهُ نُورٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءِ، يُضِيءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وغُفر لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ "
Artinya: "Barang siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat," (HR. Abu Bakr bin Mardawaih).

5. Menghafal surat Al-Kahfi membuat kita mendapatkan perlindungan Allah SWT.
Keutamaan surat Al-Kahfi selanjutnya adalah jika kita menghafalnya, maka kita akan mendapatkan perlindungan Allah SWT. Apalagi, jika diamalkan di hari Jumat yang penuh dengan keberkahan dan kemuliaan.
Mendapatkan perlindungan Allah SWT. bisa kita dapatkan karena dengan mengamalkan surat Al-Kahfi kita akan mendapatkan cahaya Ka'bah sebagaimana yang disebutkan dalam hadits.

6. Menghafal surat Al-Kahfi membuat kita menjadi orang terdepan
Keutamaan selanjutnya dari surat Al-Kahfi ini juga bisa kita dapatkan dengan menghafalkannya. Menghafal surat Al-Kahfi menjadikan kita sebagai orang berilmu, dan orang berilmu ialah orang yang terdepan sebagaimana yang diriwayatkan oleh Muslim:
"Yang mengimami suatu kaum adalah yang paling banyak hafalan kitab Allah. kalau dalam bacaan (hafalan) itu sama, maka yang lebih mengetahui sunnah. Kalau dalam sunnah sama, maka yang paling dahulu hijrahnya. Kalau dalam hijrahnya sama, maka yang paling dahulu masuk Islam," (HR. Muslim).

7. Menghafal surat Al-Kahfi dapat membuat kita memiliki kedudukan yang tinggi di hadapan Allah Swt.
Keutamaan surat Al-Kahfi selanjutnya adalah dapat membuat kita memiliki kedudukan yang tinggi di hadapan Allah Swt. Keutamaan surat Al-Kahfi ini bisa kita dapatkan ketika ketika berusaha menghafal surat Al-Kahfi dengan bersungguh-sungguh.

8. Mengamalkan surat Al-Kahfi membuat kita akan mendapatkan pahala yang berlimpah
Hal yang sudah pasti kita dapatkan dengan mengamalkan surat Al-Kahfi adalah pahala yang banyak. Apalagi, jika kita menghafalkannya dan membacanya secara rutin pada malam Jumat dengan mengharap keridhdaan dan perlindungan darinya. Insyaallah, kita akan diberikan pahala bersama para malaikat yang ikut membaca kala itu.

    Keutamaan surat Al-Kahfi bisa kita dapatkan tidak hanya dengan mengamalkannya di hari Jumat. Kita juga dapat mendapatkan banyak keutamaan surat Al-Kahfi dengan membacanya setiap hari. Semakin rutin membaca surat Al-Kahfi akan semakin banyak berkah yang bisa kita dapatkan dari keutamaan surat Al-Kahfi.

Itulah keutamaan surat Al-Kahfi, semoga kita selalu diberikan kesempatan untuk mengamalkan surat Al-Kahfi agar bisa meraih keutamaan-keutamaan surat Al-Kahfi.


Uploaded by Kevia Ransi Aqilah

Comments

Popular posts from this blog

ALASAN MENGAPA DOA TIDAK DIKABULKAN

Tentu ada doa yang hingga saat ini belum dikabulkan. Sebenarnya ada banyak alasan mengapa Allah belum juga mengabulkan doa doa yang anda panjatkan. Bisa jadi karena Allah ingin melihat seberapa sabar dan seberapa besar usaha yang dilakukan umat-Nya untuk mendapatkan doa tersebut. Selain dengan selalu berusaha (berikhtiar) untuk mendapatkan suatu keinginan, umat muslim biasanya memang menyertai dengan memohon bantuan dan berdoa kepada Allah SWT (bertawakal). Namun, ada kalanya kita merasa bahwa doa yang selalu kita panjatkan tidak kunjung terkabul, entah apa memang tidak diterima atau ditahan oleh Allah SWT, karena permintaan tersebut belum kunjung dikabulkan. Allah berjanji, bahwa semua doa yang disampaikan oleh hambanya akan dikabulkan. Hal ini dijelaskan dalam Alqur'an pada surat Ghafir, yang artinya: "وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ" "Berdoalah kepadaku, aku akan ka

SEJARAH KA’BAH

Saat I slam pertamakali muncul , Muslim dahulu menghadap ke arah Yerussalem  saat mendirikan salat, sebelum akhirnya dipindahkan ke Ka'bah, berdasarkan wahyu Al-Quran  kepada nabi Islam Muhammad . Ka'bah kali pertama dibangun Nabi Ibrahim AS bersama putranya Nabi Ismail AS atas perintah Allah SWT. Sejarah awal Ka’bah Isyarat pembangunan Ka'bah disebutkan dalam Al-Qur'an pada Surah Ali-Imran  ayat ke-96. Ayat ini menjelaskan bahwa Ka'bah dibangun di Mekkah  untuk umat manusa  sebagai tempat ibadah  yang pertama. Ayat ini memberikan keterangan bahwa Ka'bah pertama kali dibangun oleh makhluk  lain selain manusia. Pernyataan pembangunan Ka'bah untuk manusia juga mengisyaratkan bahwa Ka'bah telah dibangun sebelum adanya umat manusia.  Dalam artian bahwa Ka'bah telah dibangun sebelum keberadaan Nabi Adam  di Bumi . Beberapa pendapat menganggap Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang membangun Ka'bah. Hal ini dianggap keliru, karena di dalam Al-Qur'an dis

SHALAT SHUNNAH RAWATIB

Pengertian Shalat Sunnah Rowatib Shalat Sunnah Rowatib adalah shalat sunah yang waktu pelaksanaannya  mengiringi shalat fardu lima waktu. Shalat tersebut dilakukan sebelum atau sesudah shalat fardu. Sholat Sunnah Rawatib yang dikerjakan sebelum sholat fardu disebut rawatib qobliyah, sedangkan Sholat Sunat Rawatib yang dikerjakan sebelum sholat wajib disebut rawatib ba'diyah. Hukum Sholat Sunat Rawatib Sholat Sunat Rawatib itu bila ditinjau dari segi hukumnya terbagi dua : 1. Sholat Sunat Rawatib Muakkad  yaitu sholat sunah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan, karena selalu dikerjakan oleh Nabi Muhammad Saw. Sholat Sunat Rawatib Muakkad terdiri dari : Dua rakaat sebelum sholat Subuh. Dua rakaat sebelum sholat Zuhur. Dua rakaat sesudah Shola Zuhur. Dua rakaat sesudah sholat Magrib. Dua rakaat sesudah sholat Isya Dalil naqlinya  yang menjelaskan tentang Sholat Sunat Rawatib Muakkad ! ”Dari Abdullah bin Umar, ia berkata: “Saya ingat dari Rasulullah Saw, dua rakaat sebelum Zuhur,